Tuesday, January 14, 2014

Penyebab rambut rontok dan mengatasinya


Sebelum membahas lebih detail tentang penyebab rambut rontok, tahukan masbro dan mbabro bahwa rambut normal akan tumbuh mengikuti siklus rambut normal? Alaminya nih, rambut tumbuh pada fase anagen yang berlangsung selama 3-4 tahun. Apa itu fase Anagen? Fase Anagen adalah fase pertumbuhan rambut aktif dimana sel-sel matriks melalui mitosis membentuk sel-sel baru mendorong sel-sel yang lebih tua ke atas. Berikut gambar fase2 rambut.


Rambut akan beristirahat pada fase Telogen yang berlangsung sekitar 3 bulan. Pada akhir fase Telogen, rambut akan mengalami kerontokan dan digantikan dengan rambut baru. Normalnya, seseorang akan kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap harinya. Namun jika rambut hilang lebih dari jumlah tersebut maka seseorang dapat dikategorikan mengalami kerontokan rambut yang tidak normal. Hilangnya rambut secara berlebihan masuk dalam kategori normal saat seseorang semakin tua. Namun, hilangnya rambut juga dapat disebabkan oleh penyakit atau obat tertentu.

Para pria adalah kaum yang paling sering mengalami kerontokan rambut, terutama pada bagian atas kepala mereka. Biasanya kerontokan rambut akan berbentuk seperti cincin berbentuk tapal kuda rambut di seluruh sisi kepala. Kebotakan pada pria kebanyakan disebabkan oleh gen, dan dipicu oleh hormon tetosteron yang mereka miliki. Sedangkan pada wanita, kebotakan atau kerontokan rambut hanya terjadi di bagian atas kulit kepala.

Ada pula bentuk kelainan yang dapat menyebabkan rambut rontok. Seseorang yang memiliki kondisi autoimun, yang disebut alopecia areata akan kehilangan rambut pada kulit kepala, bahkan pada bagian lain dari tubuh mereka. Selain itu ada pula kelainan psikologi bernama trikotilomania yang membuat para penderitanya secara kompulsif mencabuti rambut mereka sendiri. Mengikat rambut terlalu ketat, mengecat atau mengeriting rambut juga dapat menjadi penyebab rontoknya rambut.

Berikut beberapa kondisi kesehatan yang menjadi penyebab terjadinya rambut rontok :
  • Obat-obatan seperti antidepresan, retinoid, NSAID, pengencer darah, pil KB dan pengobatan hormonal lainnya, obat tekanan darah tinggi, kemoterapi, dan radiasi
  • Infeksi berat
  • Operasi mayor
  • Kelebihan atau kekurangan hormon tiroid
  • Permasalahan hormon lainnya
  • Stres berat
  • Penyakit autoimun, seperti lupus
  • Infeksi jamur kulit kepala
  • Kehamilan dan melahirkan
Ketika penyebab kerontokan rambut adalah obat, segera hentikan penggunan obat guna mencegah kerontokan lebih lanjut. Rambut rontok akibat obat, radiasi, dan kemoterapi akan dapat kembali tumbuh setelah proses pengobatan selesai.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dapat dilakukan dengan menutupinya dengan wig atau topi. Selain itu, transplantasi rambut juga dapat menjadi solusi guna mendapatkan rambut pengganti yang lebih permanen, jika seandainya cara lainnya tidak berhasil. Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Kulit jika masalah rambut rontok masih menetap.

Ada juga 5 cara alami untuk mengatasi rambut rontok. Selain hemat, cara ini bisa dilakukan di rumah tanpa harus buang-buang waktu ke salon. Berikut caranya :

  • Perawatan dengan minyak alamiGunakan aneka minyak alami seperti minyak kelapa, olive oil, atau canola oil. Hangatkan minyak dan usap ke kulit kepala secara perlahan. Gunakan shower cap dan biarkan selama satu jam sebelum membersihkannya dengan shampo.
     
  • Jus alamiMasbro dan mbabro dapat menggunakan jus bawang putih, jus bawang merah ataupun jus jahe guna mengatasi kerontokan. Usapkan pada kulit kepala pada malam hari. Biarkan semalaman dan bilaslah rambut di pagi hari.
     
  • Lakukan pemijatan kepalaPijatlah kulit kepala selama beberapa menit setiap hari. Hal ini dapat membantu menstimulasi sirkulasi peredaran darah di kepala yang membuat folikel rambut tetap aktif. Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tetesan lavender atau minyak esensial lainnya.
     
  • AntioksidanGunakan teh hijau hangat (dua kantung teh) pada kulit kepala. Biarkan selama satu jam dan bersihkan dengan shampo. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerontokan serta mempercepat pertumbuhan rambut.
     
  • Melakukan meditasiPercaya atau tidak, kebanyakan orang mengalami kerontokan akibat stress dan tekanan. Meditasi dapat membantu mengurangi stress dan tekanan sekaligus menyeimbangkan hormon dalam tubuh.
Sekian dulu info dari saya nih masbro dan mbabro, mudah2an bermanfaat ya ^_^.

No comments:

Post a Comment

Free Spade Grays 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com