Friday, January 10, 2014

5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk di Pagi Hari Tanpa Kopi

Masbro dan mbabro mungkin sering setiap bangung pagi, sambil ngucek2 mata trus ada hasrat pingin tidur lagi? sy juga pernah.. Bangun pagi itu banyak godaanny, ini ada tips supaya rasa kantuk pagi hari hilang..
Cekidott !!

1. Sinar matahari
Sinar matahari yang terbit antara pukul enam sampai sembilan pagi udah kebukti banyak manfaatnya buat tubuh. Bahkan menurut studi yang dilakukan University of Liege, orang yang biasa bangun pagi dan terpapar dengan sinar matahari tuh biasanya punya sirkulasi darah yang lancar, dan mudah untuk berkonsentrasi. Selain itu bangun di pagi hari tuh membuat masbro dan mbabro merasa lebih bugar dan membuat waktu tidur malah lebih proporsional. Klo kondisinya mendung gmn? abis bangun nyalain lampu supaya gak tidur lagi :p

2. Pijatan ringan
Praktikny setelah terkena sinar matahari lebih pas. Pijat di bagian titik2 pijat yang disarankan. Menurut studi lagi nih, tapi kali ini dilakukan oleh University of Michigan, pijatan ringan di area pelipis tuh bisa meningkatkan stamina tubuh dan membuat masbro dan mbabro semua cepet terjaga setelah bangun. Ada 5 titik pijat untuk menstimulasi tubuh biar ga cepet ngantuk, yang pertama di bagian puncak kepala, antara ibu jari dan telunjuk, area sebelah kanan di bawah pusat tempurung lutut, dan di bawah mata kaki dan di pangkal leher.

3. Minum air dingin
Dingin2 pagi kok minum air dingin? air hangat gmn? boleh kok, air putih biasa juga boleh. Setelah masbro dan mbabro tidur selama kurang lebih 8 jam di malem hari, tubuh kita pasti kehilangan cairan secara signifikan, itulah yang ngebuat kita merasa kehausan setiap bangun tidur. Nah ada seorang dokter namanya Dr. OZ ia nyaranin kita untuk minum segelas air putih dingin dari pada minum kopi tapi kalo ga biasa gpp kok minum air putih anget juga.
Selain itu, Dr. OZ nyaranin kita buat melakukan sebuah teknik yang disebut “Ayuruevedic Practice of Ishnaya” apa sih itu? Itu adalah teknik menggosok lengan, tangan dan kaki memakai handuk yang isinya batu es, cukup 2 menit aja kok. Cara ini disinyalir bisa ngeluarin racun pada tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Wow..boleh dicoba nih.

4. Olahraga
Buat masbro dan mbabro yang males olahraga di pagi hari, mulai sekarang buang jauh2 malesnya. Gak semua olahraga pagi itu berat, banyak kok olahraga ringan yang bisa dilakukan, seperti streching, push up, sit up, atau jalan di tempat. Ketika bangun pagi, sirkulasi darah manusia itu ga terpompa dengan baik, makanya kalo bisa biasain melakukan olahraga ringan, karena ritual berolahraga ini dapat meningkatkan hormon endorfin dan membuat darah mengalir lancar. Oh iya kaya Thomas Plante seorang Psikolog : "Olahraga dapat menghilangkan rasa penat lebih efektif dibandingkan segelas kopi espresso."

5. Sarapan pagi
Ini nih salah satu faktor yang sering banget diabaikan. Yap, sarapan. Knp? Karena sarapan bisa membantu aktifitas masbro dan mbabro sehari-hari. Apalagi sarapan yang bernutrisi dengan protein, serat, dan susu. Joosss.. Kalau gak mau ribet, masbro dan mbabro bisa sarapan yang cepat seperti minum energen atau sereal, yang intinya adalah sarapan.

Sekian Tips dari saya, moga2 bermanfaat buat masbro dan mbabro..

SUMBER

No comments:

Post a Comment

Free Spade Grays 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com