Monday, January 11, 2016

Hal-Hal Penting dalam Membangung Bisnis IT

Pasar dan Sumber Pasokan Baru
Pasar saat ini punya arti sangat luas. Ia bisa memiliki lokasi nyata, luas atau sempit, kering atau becek, rapi atau berantakan, besar atau kecil, atau bisa juga satu atau beberapa lokasi virtual di dunia maya. Pengusaha selalu tertantang untuk menemukan celah yang tepat untuk bisa masuk ke dalam jaringan yang sudah ada, atau membentuk jaringan baru sebagai jalur penyebaran produk.
Jaringan adalah bagian penting dari pasar. Saat ini dengan berkelindannya informasi melalui kemajuan teknologinya, maka membentuk jaringan menjadi lebih mudah dan mempercepat produk untuk sampai ke tangan pelanggan.

Contoh sederhana dalam kasus ini adalah situs perusahaan. Ini berfungsi sebagai penghubung dengan calon pelanggan di berbagai negara, dan penghubung dengan pemasok dari negara lain. Untuk sebuah hubungan yang baik dan terjaga, pertemuan dan kunjungan secara teratur dengan pelanggan maupun pemasok, tetap penting untuk menjamin ketersediaan dan kualitas produk, serta perencanaan bisnis di masa selanjutnya.

Inovasi Produk
Pasar baru membutuhkan produk baru, baik berupa jenis, ukuran, kemasan atau merek lain. Pengusaha dituntut untuk mengikuti keinginan konsumen, dan mempercepat proses pengembangan produk itu, untuk segera sampai ke penggunanya. Waktu yang dibutuhkan sejak akhir tahap pengembangan, hingga produk diterima oleh pelanggan menjadi hal penting dalam bisnis saat ini yang sangat peka terhadap ketepatan waktu.

Faktor penting lain adalah teknologi pengembangan produk itu sendiri. Untuk hal ini, kita akan membutuhkan hubungan baik dengan pemasok (jaringan), agar mereka dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan bisnis semua pihak.

Contoh yang telah berjalan dalam 3 tahun terakhir ini adalah pertempuran hebat di pasar US untuk produk ‘calamari’.

Inovasi Proses
Inovasi proses dilakukan berdasarkan adanya produk baru, keluhan pelanggan, temuan audit (mutu, keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, dan keuangan), data produksi yang dievaluasi, dan kunjungan tamu. Produk baru memiliki tantangan proses baru. Selain itu, pelanggan memiliki harapan terhadap produk yang mereka beli. Keduanya bisa dijadikan sumber utama untuk perbaikan proses. Keluhan pelanggan bisa kita jadikan momen untuk melakukan perbaikan proses berkelanjutan. Masukan dari hasil audit atau dari tamu yang berkunjung, juga diperlukan sebagai bahan untuk melakukan perbaikan. Orang-orang yang telah lama berada pada area proses tertentu, biasanya mengalami ‘buta’ lokasi, sehingga mereka seringkali tidak melihat masalah yang muncul di sekitarnya. Selain daripada itu, tim dalam proses produksi seringkali punya persepsi produk yang berbeda dengan keinginan pelanggan.

Contoh dalam proses ini, saya ambil kembali dari sebuah produk calamari ring, berproses menjadi SP calamari (whole) mentah, lalu berubah menjadi produk par-fried untuk pasar ritel. Pendinginan nitrogen dirubah menjadi pendinginan air blast pada produk ini. Saat ini kami sedang merubah tekstur ‘breading’ (dan juga suhu penggorangan) agar produk menjadi lebih renyah. Harga diturunkan dengan mencari pasokan cumi yang lebih kecil, baik dari perairan Indonesia maupun negara lain.

Produksi Bersih dan Pengelolaan Lingkungan
Sumber daya alam, bahan-bahan dan energi harus dikelola dengan efisien, dengan seminimal mungkin menghasilkan limbah. Inovasi berupa penggunaan ulang, reproses atau daur ulang, akan membantu menghemat biaya overhead, dan meningkatkan keuntungan.
Air dan bahan bakar adalah sumber daya penting untuk operasional. Penggunaan yang efisien akan menurunkan biaya, dan baik untuk lingkungan. Contoh dalam pengelolaan air adalah penggunaan sensor di setiap kran cuci tangan. Saat ini, kami sedang mencari metoda yang tepat dalam proses pencairan bahan beku, sehingga penggunaan air dapat diturunkan hingga 50-60%. Minyak goreng bekas juga akan digunakan sebagai bahan bakar boiler.

Kerjasama Tim
Ada 3 bagian penting dalam kerjasama tim, yaitu komunikasi, komunikasi dan komunikasi. 80% kesalahan yang terjadi adalah karena kegagalan komunikasi. Kita bisa memanfaatkan banyak perangkat teknologi untuk membantu proses ini, baik untuk komunikasi pribadi antar orang, maupun komunikasi dalam satu kelompok.

Conference call dengan pelanggan utama, sebagai bagian penting dari komunikasi, dilakukan setidaknya 3 kali dalam 2 minggu. Network sharepoint digunakan untuk menginformasikan update lintas negara dengan kantor pusat di US (spec, pengembangan produk, export, financial weekly report). Pada level plant dan antar Indonesia plant, komunikasi dilakukan baik melalui email maupun Group BBM.

No comments:

Post a Comment

Free Spade Grays 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com