Saturday, December 13, 2014

PENTING : Waspada Situs Phising !!

 


Masbro dan mbabro tau nggak apa itu situs Phising ?? 
Kalau tidak hati2, mungkin masbro dan mbabro bisa menjadi korbannya loh..

Phising adalah semacam penipuan dengan menggunakan Fake Login, dimana jika korban telah tertipu dengan teknik phising ini, maka otomatis informasi (biasanya username dan password) korban terkirim ke email yg sengaja dipasang oleh si penjahat tersebut (yang membuat fake login).

Tidak main2, situs yang dibuat oleh si penjahat benar2 mirip dengan situs official aslinya. Nah bagaimana membedakannya?Sebenarnya cukup mudah. Bagi yang sudah tau tidak akan sulit membedakan situs yang asli atau bukan, tetapi kalau orang awam mungkin tidak akan memeriksa dengan teliti situs tersebut. Jika diteliti lagi ternyata alamat website situs tersebut adalah bukan alamat asli atau alamat plesetan. Sebagai contoh alamat website FACEBOOK yang asli adalah https://www.facebook.com/. Sekarang perhatikan gambar berikut :


Alamat website tersebut bukan seperti alamat aslinya, ini jelas sebuah website Phising yang dibuat untuk mencuri username, password, dan email dari korban. Berikut gambar lainnya :


Lihat situs jejaring social tersebut. Seharusnya alamat asli adalah https://twitter.com/. Jika bukan, sudah dipastikan itu adalah website Phising.


Belakangan ini yang terjadi di Indonesia adalah kasus www.klikbca.com. pada saat ramai terjadinya Phising klikbca ini, Jika masbro dan mbabro masuk ke lima situs ( wwwklikbca.com, kilkbca.com, clikbca.com, klickbca.com dan klikbac.com.), masbro dan mbabro akan mendapatkan situs internet yang sama persis dengan situs klikbca.com. Hanya saja saat melakukan login, masbro dan mbabro tidak akan masuk ke fasilitas internet banking BCA, namun akan tertera pesan "The page cannot be displayed". Fatalnya, dengan melakukan login di situs2 itu, username dan PIN internet masbro dan mbabro akan terkirim pada sang pemilik situs.
Bahaya banget kan? 


Siapa sih yang membuat "salinan" website klikbca.com tersebut? Dia adalah Steven Haryanto.


Tetapi sekarang petualangan Steven Haryanto si pembuat lima situs plesetan KlikBCA tersebut telah berakhir. Pria yang bermukim di Bandung tersebut bahkan telah mengajukan permintaan maaf kepada BCA dan sejumlah media massa. Bukan itu saja, Steven juga telah menyerahkan kelima alamat plesetan itu sekaligus daftar user yang sempat terjaring melalui situs plesetan itu ke manajemen Bank Central Asia.


Steven menolak jika dikatakan kelima alamat plesetan itu palsu, karena telah didaftarkan secara resmi kepada domain registrar. "Yang saya lakukan yaitu membeli beberapa domain plesetan dengan uang saya sendiri, dan menyalin halaman indeks dan halaman login KLIKBCA.com ke server lain," tulis Steven dalam surat itu.


Phishing bukan hanya pada situs website, tetapi ada juga yang terdapat pada email yang biasa disebut kalau tidak salah Scam. Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh Scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan Spam.

Dalam bahasa Inggris, scam diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan. (wikipedia).

Untuk mencegah supaya tidak menjadi korban phising tidak lah terlalu sulit. Harus lebih waspada, jangan gampang percaya, dan teliti. Selalu cek alamat website, apa penulisannya sudah benar atau plesetan :D

Kalau perlu install add ons WOT (Web of trust) untuk Chrome atau Opera, saya memakai add ons ini dan cukup puas dengan informasi yang diberikan.

Sekian info dari saya, mudah2an bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Free Spade Grays 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com