Sunday, November 23, 2014

Tips Hemat BBM Pada Kendaraan Bermotor

Headline

Masbro dan mbabro ada yang protes harga BBM naik? Memang sih harga BBM yang naik bikin kantong kita jebol hehe. Kondisi sekarang ini harus membuat para pengendara jadi lebih jitu dan puter otak melakukan berbagai cara agar bisa menghemat BBM.

Langsung aja saya akan berbagi beberapa tips cara menghemat BBM :

1. Gunakan Kendaraan Seperlunya

Headline

Yap betul banget nih, kalau misalkan gak perlu-perlu banget pakai kendaraan, mending pakai angkutan umum aja. Kalau jarak dekat, lebih baik masbro dan mbabro jalan kaki atau naik sepeda aja. Yaa itung-itung olahraga juga kan. Mau lebih enak lagi? NEBENG temen aja haha..


2. Hindari Jalan Macet

Headline

Memang agak sulit kalau mau gak macet di Indonesia, tapi selalu ada jalan lain ke Roma kalau kata istilah haha.. Aplikasi sekarang banyak yang canggih kok, Contohnya aplikasi WAZE. Aplikasi ini sudah banyak dipakai orang untuk mencari jalan-jalan alternatif sekaligus program akan otomatis memilih jalan yang menghindari macet. keren !!


3. Rawat Kendaraan Sendiri Dengan Baik

Headline

Kenapa harus? Karena kondisi fisik dan mesin kendaraan yang buruk bisa membuat boros BBM. Kondisi yang buruk menyebabkan mesin bekerja keras dan mengeluarkan bahan bakar berlebih. Untuk itu masbro dan mbabro harus rutin servis, cek juga angin ban, kebersihan kendaraan supaya hasilnya maksimal.


4. Hindari Kebiasaan Buruk Boros BBM

Headline

Usahakan mengisi BBM jangan di siang hari, supaya saat pengisian tidak banyak BBM yang menguap. Waktu yang tepat untuk mengisi BBM saat pagi hari atau malam hari sebelum masbro dan mbabro melakukan aktifitas. Mesin dipanaskan cukup 1-2 menit saja jangan terlalu lama agar tidak banyak bahan bakar yang terbuang percuma. Pada saat mengendarai kendaraan, sebaiknya jangan terlalu dalam menginjak gas (mobil) atau memutar gagang gas (motor). Hindari sering membuat suara nyaring, Berkendaralah dengan kecepatan konstan agar bisa menghemat BBM.


5. Kurangi Beban

Headline

Semakin berat beban yang ditanggung kendaraan, maka semakin keras mesin bekerja, yang berarti konsumsi BBM akan semakin banyak. Bersihkan bagasi dari barang-barang yang tidak diperlukan. Dan bawalah barang-barang yang memang dibutuhkan dalam bagasi kendaraan.


6. Menjaga Putaran Mesin

Headline

Nah, ini salah satu kendala kalau mau irit BBM. Putaran mesin yang terlalu tinggi atau rendah sama-sama membuat boros bahan bakar. Lalu bagaimana agar tidak boros? putaran mesin paling ideal saat berjalan normal berkisar antara 2000 - 3500 rpm. Di sinilah terdapat paduan konsumsi BBM dan tenaga optimal.


7. Gunakan Pelumas Irit Bahan Bakar

Headline

Daya lumas oli yg baik mampu membuat putaran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan powermesin lebih optimal, sehingga lari kendaraan lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat, pengantian oli rutin dan tak melebihi batas servis yang dianjurkan, akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran lancar.


8. Upgrade Sistem Pendinginan

Headline

Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. Oleh karena itu, dengan memasang oil cooleruntuk motor penganut sistem pendingin cair seperti honda vario, CBR 150, Vixion, Kawasaki Ninja, dan lainnya, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.


9. Cara Berkendara


Kesemua cara untuk mengirit BBM yang disebutkan tadi akan percuma bila tidak dibarengi cara berkendara yang benar. Jika masbro dan mbabro masuk suka kebut-kebutan, sering memainkan gas saat kendaraan berhenti, sering main selip kopling, dan lain-lain, semua itu bisa bikin boros BBM. Sebaiknya, jalankan kendaraan dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas, dijamin konsumsi BBM masbro dan mbabro akan jauh lebih irit.



Sekian beberapa tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Free Spade Grays 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com