Thursday, April 10, 2014

Java Inheritance Bangun Datar

Halo masbro dan mbabro, kita back to programming java nih, kali ini saya mau share source code java tentang Inheritance dengan tema Bangun Datar.

Apa sih inheritance itu?

Pengertian Inheritance (Pewarisan) adalah salah satu bentuk penggunaan kembali perangkat lunak dimana suatu kelas baru dibuat dari kelas yang sudah ada dengan memakai variabel data fungsi (method) dari kelas yang sudah ada tersebut serta menambah atribut/pelaku yang baru, kelas baru otomatis memiliki variabel atau fungsi yang dimiliki kelas asal.

Pertama, kita membuat main class (kelas utama) terlebih dahulu.

Main Class
========
package bangundatar;
import java.util.*;
public class Bangundatar {
    public static void main(String[] args) {
        int pil;
        Lingkaran L = new Lingkaran();
        Segitiga S = new Segitiga();
        Bujursangkar B = new Bujursangkar();
        Persegipanjang P = new Persegipanjang();
        Scanner inp = new Scanner(System.in);
        System.out.println("MENU");      
        System.out.println("====");      
        System.out.println("1. Lingkaran");
        System.out.println("2. Segitiga");      
        System.out.println("3. Bujur Sangkar");      
        System.out.println("4. Persegi Panjang");      
        System.out.println("5. Exit");      
        System.out.print("Pilihan : ");
        pil = inp.nextInt();
        switch(pil){
            case 1 : L.Lingkaran();break;
            case 2 : S.Segitiga();break;
            case 3 : B.Bujursangkar();break;
            case 4 : P.Persegipanjang();break;
            case 5 : System.exit(0);
        }
    }   
}

Kemudian, setelah main class dibuat, buatlah sub-class dari main class Bangundatar, yaitu class Lingkaran, Persegi, Segitiga, dan Persegi Panjang.

Class Lingkaran
============
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Lingkaran extends Bangundatar{
    public void Lingkaran(){      
        double ll,rl,kl,phi = 3.14;
        Scanner b = new Scanner(System.in);
        System.out.println("LINGKARAN");
        System.out.println("=========");
        System.out.println("Masukkan jari-jari : ");
        rl = b.nextDouble();
        ll = phi*rl*rl;
        kl = 2*phi*rl;
        System.out.println("Luas Lingkaran adalah : "+ll);
        System.out.println("Keliling Lingkaran adalah : "+kl);
   }
}

Class Persegi
==========
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Bujursangkar extends Bangundatar{
    public void Bujursangkar(){
        double sb,lb,kb;
        Scanner c = new Scanner(System.in);
        System.out.println("BUJUR SANGKAR");
        System.out.println("=============");
        System.out.println("Masukkan sisi : ");
        sb = c.nextDouble();      
        lb = sb*sb;
        kb = 4*sb;
        System.out.println("Luas Bujur Sangkar adalah : "+lb);
        System.out.println("Keliling Bujur Sangkar adalah : "+kb);
    }   
}

Class Segitiga
===========
package bangundatar;
import java.util.*;
public class Segitiga extends Bangundatar{
    public void Segitiga(){
        double ls,as,ts,ss,ks;
        Scanner a = new Scanner(System.in);
        System.out.println("SEGITIGA");
        System.out.println("========");
        System.out.println("Masukkan alas : ");
        as = a.nextDouble();
        System.out.println("Masukkan tinggi :");
        ts = a.nextDouble();
        System.out.println("Masukkan sisi : ");
        ss = a.nextDouble();
        ls = (as*ts)/2;
        ks = (ss*2)+as;
        System.out.println("Luas Segitiga adalah : "+ls);
        System.out.println("Keliling Segitiga adalah : "+ks);
    }
}

Class Persegi Panjang
=================
package bangundatar;
import java.util.Scanner;
public class Persegipanjang {
    public void Persegipanjang(){
        double pp,lep,lp,kp;
        Scanner d = new Scanner(System.in);
        System.out.println("PERSEGI PANJANG");
        System.out.println("===============");
        System.out.println("Masukkan Panjang : ");
        pp = d.nextDouble();      
        System.out.println("Masukkan Lebar : ");
        lep = d.nextDouble();      
        lp = pp*lep;
        kp = (2*pp)+(2*lep);
        System.out.println("Luas Persegi Panjang adalah : "+lp);
        System.out.println("Keliling Persegi Panjang adalah : "+kp);
    }
}

Jika semua class sudah dibuat, saatnya kita jalankan program tersebut. Output yang dihasilkan akan seperti berikut :






Selamat mencoba, mudah2an bermanfaat ^_^

2 comments:

Free Spade Grays 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com